Efek Konsumsi Omega 3,6, dan 9 Bila Berlebihan

Banyak orang yang menyarankan kita untuk mengonsumsi asam lemak omega 3,6, dan juga 9 karena banyak sekali khasiat yang akan kita dapatkan untuk kesehatan kita. Namun menjaga kesehatan tentulah tidak bisa dilakukan secara berlebihan. Semua yang dilakukan atau dikonsumsi secara berlebihan nantinya malahan akan menyebabkan atau menimbulkan efek buruk bagi tubuh kita. Begitupula yang akan terjadi bila kita mengonsumsi asam lemak secara berlebihan. Ada beberapa efek buruk bagi kesehatan yang akan kita rasakan.Asam lemak sendiri bisa memberikan banyak khasiat misalnya untuk menjaga kesehatan jantung, menjaga kesehatan mata, mengurangi resiko terkena penyakit di usia tua, menghindarkan dari resiko pikun dan lain sebagainya. Kita bisa mendapatkan asam lemak ini dari beragam jenis makanan yaitu sayur dan buah-buahan. Asam lemak memang tidak akan bisa dihasilkan oleh tubuh sendiri melainkan harus didapatkan dari sumber makanan yang kita konsumsi. Asam lemak ini sendiri merupakan jenis lemak tak jenuh ganda yang memberikan beberapa kandungan baik bagi tubuh seperti EPA, DHA, ALA dan lain sebagainya. Walaupun banyak mengandung nutrisi baik, namun konsumsi yang berlebihan justru membuat kita mendapatkan efek samping.

1. Meningkatkan kadar gula dalam darah
Ini adalah efek samping pertama yang akan kita rasakan apabila kita mengonsumsi asam lemak ini secara berlebihan. Kadar gula dalam darah yang tinggi tentu akan meningkatkan kita untuk terkena penyakit diabetes. Oleh sebab itu konsumsi asam lemak ini sendiri bagi penderita diabetes harus sangat diperhatikan dan sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter anda.

2. Adanya gangguan pada perut.
Efek lain ketika kita mengonsumsi banyak asam lemak ini adalah adanya gangguan pada bagian perut. Mengonsumsi suplemen minyak ikan melebihi dosis yang memang dianjurkan akan membuat perut kita memproduksi gas yang terlalu banyak dan kita juga bisa berpotensi terkena beragam masalah pada lambung.

3. Adanya memar dan juga perdarahan

Bagi anda yang mempunyai masalah atau riwayat masalah pembekuan darah sebaiknya anda tidak mengonsumsi asam lemak omega 3 ini bersama dengan obat pengencer darah. Hal ini disebabkan karena asam lemak ini sangtat berperan pada proses pembekuan darah. Oleh sebab itu anda sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter agar anda tetap bisa mengonsumsi asam lemak ini tanpa harus takut jika anda terkena beberapa efek samping.

Dari mana sajakah kita bisa mendapatkan sumber asam lemak alami? Seperti yang telah dijelaskan di atas, asam lemak ini adalah jenis asam lemak tak jenuh yang sangatlah baik untuk perkembangan dan pertumbuhan otak kita. Lemak tak jenuh ini bisa didapatkan dari beragam asupan makanan baik dari beragam jenis ikan segar yaitu ikan haring, sarden, tengiri, salmon dan tuna serta dari berbagai makanan lainnya seperti walnut, kacang kedel;ai, aplukat, bayam, kacang kenari dan lain sebagainya. Anda juga harus mencari tahu tentang beberapa manfaat asam lemak yang baik untuk kesehatan anda. Anda tidak akan mendapatkan efek samping apabila anda tidak mengonsumsi asam lemak inis ecara berlebihan. Kini anda tidak perlu khawatir juga karena asam lemak ini banyak yang sudah dikemas dalam bentuk suplemen kapsul. Anda hanya perlu mengonsumsi suplemen secara teratur dan kebutuhan akan asam lemak ini akan terpenuhi dengan sangat mudah. Anda bisa mendapatkan suplemen asam lemak ini di berbagai toko. Kini anda bisa memenuhi kebutuhan asam lemak omega tanpa harus mengonsumsi berlebihan.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*