Mengenal PTSMI

Akhir-akhir ini pemerintah sedang getol-getolnya mengejar pembangunan infrastruktur, baik di daerah maupun di kota besar. Tahukah Anda bahwa ada beberapa perusahaan penting yang berperan serta dalam pembangunan infrastruktur tersebut? Mungkin tidak banyak orang yang tahu apa itu PTSMI. Tapi mereka adalah salah satu perusahaan yang berperan dalam pembangunan infrastruktur.

 

PTSMI atau PT Sarana Multi Infrastruktur adalah salah satu Badan Usaha Milik Negara atau BUMN yang didirikan pada 26 Februari 2009. PTSMI sebagai institusi keuangan non perbankan berfungsi sebagai lembaga pembiayaan khusus untuk sektor infrastruktur. Mereka juga berperan dalam meningkatkan hubungan antara swasta dan pemerintah melalui program PPP atau Public Private Partnership. Jika Anda membutuhkan bantuan pembiayaan dalam hal pembangunan infrastruktur, Anda bisa mengunjungi website mereka pada www.ptsmi.co.id , dan mencari tahu apakah mereka bisa membantu dalam hal tersebut. Namun, sebelumnya, ada syarat yang harus Anda perhatikan sebelum meminta bantuan mereka. Yaitu proyek yang dijalankan harus sesuai dengan agenda pembangunan infrastruktur milik pemerintah.

 

Selain membantu dalam hal finansial, PTSMI juga membantu perusahaan infrastruktur dalam beberapa hal terkait dengan bisnis infrastruktur. Mereka bisa membantu Anda dalam hal konsultasi dan perencanaan. Jika Anda menemui kesulitan pada saat menjalankan proyek infrastruktur, dan pastinya akan terjadi. PTSMI adalah salah satu perusahaan yang bisa Anda andalkan untuk konsultasi.

 

Dalam menjalankan misinya untuk meningkatkan PPP, PTSMI memiliki 3 skema bisnis yang ditawarkan. Skema yang pertama adalah PTSMI akan mengajak investor dari sektor swasta untuk membantu dalam hal finansial. Bantuan finansial ini nantinya akan diberikan dalam bentuk pinjaman atau ekuitas. Sebagai gantinya, Anda bisa mengembalikan dalam bentuk pembayaran pinjaman atau deviden. Skema ini termasuk praktis dan mudah. Namun ada beberapa alternative skema lainnya yang bisa Anda coba.

 

Skema kedua adalah skema di mana ada lebih banyak pihak yang tergabung di dalamnya. Baik PTSMI dan investor dari sektor swasta akan bergabung bersama membentuk joint venture yang akan memberikan bantuan finansial dalam bentuk pinjaman atau ekuitas. Nantinya, Anda bisa membayar bantuan tersebut dalam bentuk pembayaran pinjaman atau pembagian dividen. Joint venture akan memastikan baik PTSMI dan swasta akan ikut terlibat dalam proyek tersebut.

 

Skema terakhir, adalah skema di mana PTSMI akan mencari pembiayaan melalui berbagai lembaga lainnya. Setelah itu, PTSMI akan memberikan bantuan tersebut dalam bentuk pinjaman dan Anda bisa mengembalikan ke PTSMi untuk dikembalikan lagi ke lembaga tersebut dalam bentuk pembayaran pinjaman.

 

Secara umum, skema tersebut tidak berbeda cukup jauh, namun, setiap skema memiliki metode masing-masing yang sama bermanfaatnya bagi proyek infrastruktur Anda. Anda juga bisa mengajukan skema Anda sendiri selama tidak berhalangan dengan tujuan dari Public Private Partnership milik PTSMI.

3 pilar bisnis

Leave a comment

Your email address will not be published.


*