Menutup Polis Asuransi

Polis asuransi ditandatangani untuk mengikat nasabah asuransi dengan perusahaan penerbit asuransi agar melaksanakan hak dan kewajibannya masing-masing. Diantara sekian banyak hak dan kewajiban, seperti uang premi dan klaim, nasabah asuransi juga memiliki hak untuk menutup polisnya. Alasan penutupan asuransi sangat beragam mulai dari keterbatasan dana untuk membayar premi hingga ingin membeli produk asuransi lain.

Sebelum menutup polis asuransi
Persis sebelum memutusakan untuk membeli asuransi, Anda harus mempertimbangkannya dengan matang. Hal ini juga berlaku ketika Anda akan memutuskan untuk menutup polis, bahkan ada beberapa poin yang harus dipertimbangkan.

  • Denda. Umumnya perusahaan penerbit asuransi akan memberikan denda kepada nasabahnya yang menutup polis sebelum waktu yang ditentukan.
  • Prosedur. Setiap perusahaan penerbit asuransi memiliki prosedur yang berbeda-beda untuk penutupan polis, tapi pastikan Anda mengikuti prosedurnya dengan baik dan benar.
  • Pengembalian dana. Kebanyakan nasabah pasti ingin mengambil sebagian uang yang sudah disetorkan sebagai premi asuransi, tapi ada juga kondisi dimana nasabah tidak memperoleh dananya sama sekali. Untuk masalah ini memang berbeda-beda karena bergantung pada banyak hal mulai dari jenis asuransi, uang premi, hingga kurun waktu membeli asuransi.

Prosedur penutupan polis asuransi
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa setiap perusahaan penerbit asuransi memiliki prosedur yang berbeda-beda. Tapi pastikan ketika menutup polis, ikuti prosedur dengan baik dan benar agar Anda mendapatkan hak Anda berupa sisa dana. Berikut ini prosedur umum penutupan polis.

  • Perusahaan Penerbit Asuransi. Hal pertama yang harus nasabah lakukan adalah mendatangi secara langsung perusahaan penerbit asuransi. Untuk menjelasan tentang keinginan menutup polis asuransi. Biasanya pihak penerbit asuransi akan memberikan penjelasan tentang hal-hal yang perlu dilakukan untuk menutup polis hingga risiko dari penutup tersebut.
  • Dokumen Pernyataan. Pihak penerbit asuransi biasanya akan meminta Anda untuk mengisi dokumen pernyataan yang menuliskan bahwa Anda ingin menutup polis tersebut berdasarkan inisiatif diri sendiri tanpa paksaan dan dilakukan secara sadar. Pastikan sebelum mendatangai setiap dokumen, baca dengan teliti dan pahami isinya.
  • Persyarat. Selain mengisi dokumen yang diminta oleh pihak penerbit asuransi, nasabah biasanya juga diminta untuk menyerahkan berbagai dokumen guna memenuhi persyaratan penutupan polis asuransi. Dokumen yang diminta biasanya berupa kartu identitas hingga buku polis asuransi yang asli. Setelah semua itu, Anda tinggal menunggu transeferan uang yang merupakan sisa dana polis asuransi.

 

logo-asura

Leave a comment

Your email address will not be published.


*