Peluang Bisnis Sampingan Untuk Mahasiswa

Peluang bisnis sampingan untuk mahasiswa sebaiknya lebih diutamakan daripada berpikir untuk mencari pekerjaan, terutama ketika libur semester datang. Daripada menghabisakan waktu tidak berguna mengapa tidak memulai bisnis sendiri. Memulai bisnis sendiri memiliki beberapa keuntungan, yaitu dapat menghasilkan uang selama waktu liburan, kemudian memiliki kepuasan tersendiri ketika menjadi bos bagi diri sendiri dan menciptakan sesuatu sendiri. Selain itu, Anda juga tidak perlu membuang waktu untuk mencari pekerjaan selama musim liburan.

Pendekatan

Ketika Anda memiliki sebuah ide usaha kecil untuk dijadikan sebagai pekerjaan selama liburan semester. Ada dua pendekatan yang dapat dijadikan pilihan, yaitu

  1. Bisnis musiman, Anda dapat memilih sebuah bisnis musiman, dimana bisnis dapat ditutup ketika waktu liburan berakhir karena Anda harus segera kembali ke kampus.
  2. Bisnis jangka panjang, Anda dapat memilih sebuah bisnis yang memungkinkan untuk terus dijalankan dalam jangka waktu yang lebih panjang.

Ide berbisnis
Berikut ini adalah beberapa ide bisnis yang bisa Anda lakukan ketika liburan semester;
Pemandu wisata, Jika tempat tinggal Anda adalah tempat bersejarah, tempat kebudayaan bahkan tempat untuk penelitian, mengapa Anda tidak memulai bisnis sebagai pemandu wisata? Namun, jangan putus asa dulu meski tempat tinggal Anda tidak memiliki pemandangan yang spektakuler atau wisata bersejarah, Anda masih bisa menjadi pemandu ekowisata ataupun pemandu hiking. Anda dapat membawa wisatawan mengikuti tur lokal yang berhubungan dengan sejarah, budaya, dan lainnya.

Bisnis jenis ini sangat cocok bagi Anda yang terampil berbicara bahasa asing. Selain itu, pemandu wisata dengan kemampuan multibahasa biasanya sangat dibutuhkan terutama di lokasi wisata yang masyarakat setempatnya tidak mengerti bahasa asing. Anda juga sebaiknya memiliki pengetahuan tentang sejarah lokal, geografi dan Biologi/Botani bagi Anda yang ingin menjadi pemandu ekowisata.

Instruktur
Jika Anda memiliki keterampilan tertentu dan sertifikasi yang diperlukan, mengajar bisa menjadi sangat menyenangkan dan menguntungkan sebagai usaha kecil di musim liburan. Mengajar musik, yoga, aerobik, atau menunggang kuda dapat dijadikan pilihan. Dan yang paling sederhana, les mata pelajaran bagi anak sekolah yang dapat dijadikan sebagai peluang bisnis sampingan untuk mahasiswa.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*