Pentingnya BPI Untuk Pembangunan Infrastruktur Indonesia

Pembangunan infrastruktur merupakan keharusan bagi pemerintah dalam rangka mewujudkan kesejahteraan rakyat. Selama ini pembangunan infrastruktur yang telah dilakukan sejak kemerdekaan hingga sekarang dalam kondisi yang penuh keterbatasan. Kondisi ini menyebabkan pembangunan yang tidak merata hingga berdampak pada kesejahteraan yang timpang. Atas dasar inilah, banyak wacana mengenai pentingnya Bank Pembangunan Indonesia atau BPI dalam menunjang pembangunan infrastruktur yang merata.

Selama ini pembangunan infrastruktur ditunjang oleh keberadaan bank komersial. Sayangnya bank komersial ini hanya mampu menunjang pembangunan jangka pendek yang membuat kondisi pembangunan infrastruktur di Indonesia sangat terbatas. Padahal secara teknis, pembangunan infrastruktur adalah rencana pembangunan jangka panjang yang dilakukan terus-menerus. Sehingga keberadaan Bank Pembangunan Indonesia dianggap sangat perlu untuk memastikan keberlangsungan pembangunan infrastruktur.

Dengan adanya Bank Pembangunan Indonesia, pembiayaan untuk pembangunan infrastruktur dapat terjamin. Jika sebelumnya pembiayaan ditangani bank komersial, pembangunan infrastruktur hanya berlangsung satu kali. Semisal ada target pembangunan jalan tol, maka proyek pembangunan ini hanya dilakukan satu kali mengingat modal yang diberikan bank komersil terbatas. Hal ini tentu tidak akan terjadi jika Bank Pembangunan Indonesia yang mengendalikannya. Proyek pembangunan infrastruktur tidak hanya dilakukan sekali melainkan berkali-kali sesuai kebutuhan.

Kendali pembiayaan pembangunan infrastruktur yang dipegang Bank Pembangunan Indonesia bukanlah hal yang mustahil. Mengingat Bank Pembangunan Asia atau ADB telah mengucurkan sangat banyak dana untuk membiayai kerja sama pemerintah dan pihak swasta. Tentunya kerja sama ini dilakukan dalam rangkan memenuhi target pembanguan infrastruktur di Indonesia. Hal ini tentu menjadi angin segar bagi proyek pembangunan infrastruktur di Indonesia mengingat kucuran dana ini dapat meningkatkan nilai pembangunan infrastruktur yang ada.

Setiap proyek pembangunan yang nilainya meningkat, akan menarik banyak investor dalam hal ini pihak swasta untuk ikut ambil bagian. Sehingga tidak hanya menguntungkan bagi pemerintah namun juga dapat memenuhi target pembangunan infrastruktur yang telah ditetapkan. Jika sebelumnya Indonesia selalu menunda atau justru membatalkan beberapa proyek pembangunan infrastruktur karena terjadinya krisis ekonomi, kini dengan kucuran dana yang ada seharusnya tidak lagi. Setiap proyek pembangunan infrastruktur dapat dikerjakan dan diselesaikan sesuai target.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*