Solusi Masalah Pembangunan dan Pemerataan Infrastruktur di Indonesia

Solusi Masalah Pembangunan dan Pemerataan Infrastruktur di Indonesia

Anda pasti bisa membayangkan apa jadinya jika anda tinggal di suatu pelosok di negeri ini tanpa adanya listrik, jalan beraspal, jembatan yang kokoh dan aman, bahkan tanpa adanya sarana air minum yang sehat, bersih dan juga higienis. Masih banyak hal-hal lainnya yang sebetulnya masih terjadi di beberapa wilayah di negeri ini. Ya, jangan heran jika di beberapa pelosok di tanah air masih saja belum teraliri listrik. Jangan berpikir jauh di kawasan luar Jawa karena di pelosok di dalam pulau Jawa juga masih ada area yang belum terjangkau oleh listrik. Padahal tentu saja bagi anda yang tinggal di kota atau setidaknya tidak di kawasan pelosok dengan mudahnya mengakses internet, menonton TV, dan melakukan kegiatan lain secara mudah dan cepat dengan bantuan tenaga listrik.

Masih adanya wilayah yang belum memiliki fasilitas infrastruktur yang baik di Indonesia memang bukan hal yang baru lagi. Kita semua tahu akan hal itu. Tentu saja, pembangunan dan pengembangan infrastruktur di Indonesia memang bisa dibilang tidak cepat atau cenderung lambat. Hal ini juga mengakibatkan tidak meratanya pembangunan infrastruktur tersebut. Ada banyak hal yang menjadi hambatan, misalnya saja sumber daya manusia yang tidak sesuai, pendanaan atau finansial, dan masih banyak lagi yang lainnya. Namun, perlahan-lahan sistem dan kebijakan sudah mulai dibenahi dengan mencari solusi dari setiap hambatan yang ada dalam pembangunan dan pemerataan infrastruktur di Indonesia.

Salah satu upaya pemerintah dalam mengatasi kendala-kendala tersebut ialah dengan terfokus pada program public private partnership di Indonesia untuk pembangunan infrastruktur di Indonesia. Jadi, pihak swasta bisa memperoleh akses untuk turut dalam usaha pembangunan dan pengembangan infrastruktur di Indonesia. Jadi, pihak perusahaan Negara juga akan membantu dalam hal pembiayaan namun tentu saja, harus sesuai dengan kebijakan yang berlaku. Hal itu juga berlaku bagi sektor-sektor infrastruktur pokok, seperti telekomunikasi, irigasi, transportasi, jembatan, air minum, pengelolaan limbah, dan masih banyak lagi yang lainnya. Termasuk juga salah satunya serpeti yang sudah kita bahas sebelumnya, yakni mengenai kelistrikan yang juga merupakan salah satu sektor pokok infrastruktur.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*