Tips Memulai Usaha Baru

Tips memulai usaha baru bisa dijadikan sebagai referensi bagi Anda yang ingin memulai usaha baru. Namun, ada satu hal yang sebaiknya dihindari oleh pengusaha, yaitu perfeksionisme. Anda tentu sering mendengar kata tersesebut. Meski terdengar hebat, tetapi psikolog menganggap perfeksionisme adalah gangguan, sementara ahli bisnis terkemuka sangat menganjurkan agar pengusaha tidak mencoba untuk menjadi perfeksionisme. Mengapa? Berikut penjelasannya.

Membuang-buang peluang dan waktu yang berharga
Inilah alasan utama para ahli menghalangi pengusaha agar tidak pernah menjadi perfeksionisme. Anda tidak pernah melakukan segala sesuatu dengan tepat waktu. Anda juga akan menghabiskan terlalu banyak waktu untuk merencanakan dan menyempurnakan produk atau fitur, sebelum meluncurkannya.

Sebaiknya luncurkan produk bahkan sebelum Anda merasa siap karena hal tersebut menjadi satu-satunya cara untuk mengumpulkan tanggapan yang berharga, dan juga membantu meningkatkan produk Anda. Jika Anda terus bergulat dengan perfeksionisme, maka Anda menjadi kurang produktif karena berusaha membuat segala sesuatunya benar-benar sempurna.

Harapan menjadi tidak realistis dan hampir mustahil untuk terwujud

Jika Anda bersikeras untuk menciptakan produk yang benar-benar sempurna, maka Anda akan dibebani dengan tuntutan tentang fitur yang harus dikembangkan, sehingga peluncuran produk kecil kemungkinan bisa terwujud.

Tingkat stres berlebihan
Karena ukuran keberhasilan yang amat sangat tinggi, hidup Anda menjadi tempat pertarungan antara Anda dengan stres yang Anda tempatkan sendiri. Anda akan mengerahkan banyak upaya untuk menyempurnakan produk, bahkan tidak penting apakah ada kesempatan untuk bersantai atau tidak.
Pada akhirnya Anda akan berada pada titik terendah bahkan jauh lebih rendah lagi dalam hidup Anda.

Kreativitas yang mengering

Kinerja tinggi membutuhkan banyak usaha. Perfeksionisme membutuhkan lebih banyak usaha lagi. Memberikan hasil dengan kualitas tinggi pada bisnis saja sudah mengambil cukup banyak energi kreatif. Lalu apa jadinya Anda tetap keras kepala agar hasilnya benar-benar sempurna?

Memang menjadi biasa-biasa saja tidak akan membuat Anda unggul dari kompetitior, tetapi percayalah bahwa keunggulan tidak memerlukan kesempurnaan. Dalam bisnis, kesempurnaan lebih mungkin untuk menghambat peluang keberhasilan, daripada membawa Anda ke kesuksesan. Itulah empat tips memulai usaha baru.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*