Tips Perencanaan Keuangan Keluarga

Tips perencanaan keuangan keluarga pada saat liburan merupakan hal yang jarang dibicarakan. Padahal pergi berlibur bisa menghabiskan banyak uang. Masa liburan yang biasanya menghabiskan banyak uang antara lain libur hari raya, liburan sekolah, dan libur akhir tahun. Sebelum Anda terbawa keceriaan liburan, coba luangkan waktu untuk menentukan bagaimana Anda akan menangani kondisi keuangan keluarga pada musim liburan ini.

Rencana anggaran keuangan
Langkah pertama dalam membuat perencana keuangan untuk berlibur adalah dengan membuat anggaran keuangan. Ketika melakukannya, coba lakukan dengan baik agar tidak meninggalkan sedikit pun masalah kecil. Pastikan untuk mempertimbangkan semua pos yang berbeda ketika menghabiskan waktu liburan termasuk untuk berbelanja oleh-oleh, tiket, pergi ke tempat hiburan dan lainnya.

Tentukan berapa banyak uang yang Anda anggaran pada setiap kategorinya. Sekalinya Anda menentukan biaya dengan angka tertentu untuk suatu hal, maka ingat dan coba sekuat mungkin agar tidak keluar dari anggaran yang sudah dibut meski itu hanya uang receh.

Buat daftar dan periksa dua kali
Ketika musim liburan, sangat mungkin untuk belanja secara berlebihan tanpa tujuan yang jelas, dan pastinya hal ini akan menguras banyak uang dari angka yang sudah dianggarkan. Untuk itu, sebaiknya buat daftar sebelum Anda melangkah kaki ke setiap toko, dan pastikan Anda mematuhi daftar yang sudah dibuat.

Hal ini tentu menjadi tantang sendiri, mengingat setiap toko memiliki hal unik dan berbeda yang akan membuat Anda tertarik untuk menghabiskan banyak uang. Untuk itu bulatkan tekad Anda agar tetap berbelanja sesuai dengan daftar yang sudah dibuat, dan juga perikasa ulang daftar belanjaan sebelum pergi ke toko karena akan membatu Anda tetap berbelanja sesuai dengan anggaran.

Hal terakhir yang perlu Anda ingat ketika musim liburan tiba adalah tidak peduli apakah Anda berlibur untuk merayakan kelulusan, perayaan agama atau yang lainnya. Pergi berlibur adalah waktu bersama dengan orang-orang yang Anda cintai, dan memikirkan hal yang paling Anda syukuri. Untuk itu berusalah agar tidak terjebak dalam kegilaan masa liburan dengan melakukan tips perencanaan keuangan.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*