Untung Menggunakan Jasa Colocation Server

Dengan melakukan colocation server, maka perusahaan Anda tidak harus membangun data center sendiri. Artinya Anda bisa menghemat biaya anggaran. Pasalnya pembangunan data center membutuhkan dana yang begitu besar.
Saat kebutuhan bisnis dirasa semakin berkembang dan meningkat, maka pada saat yang sama dibutuhkan penambahan server. Hal tersebut semakin mendesar pasca pusat data di perusahaan tidak lagi mencukupi. Alasan ini pula bisa digunakan untuk memanfaatkan layanan colocation pada data center. Sehingga kebutuhan pengembangan bisnis khususnya yang berhubungan dengan sektor teknologi informasi bisa cepat dipenuhi dan sekaligus mencegah aktivitas bisnis tersendat.

Selain membutuhkan dana besar, penyediaan ruangan data center juga cukup memakan waktu dan tenaga. Hal ini ditakutkan akan memangkas fokus Adna untuk mengelola bisnis. Sementara pihak pesaing terus giat melebarkan sayap. Tentu hal tersebut bukan hal yang diharapkan. Untuk itu, berikut ini diberikan beberapa keuntungan penggunaan layanan colocation server sebagai pertimbangan:

  • Memanfaatkan layanan colocation pada data center bisa membantu menghemat pengeluaran infrastruktur. Karena Anda hanya perlu membawa biaya sewa saja. Sementara bila harus membuat ada biaya yang harus dianggarkan untuk membeli infrastruktur untuk ruang pusat data mencakup raised floor, sistem pendingin data center, pencegah kebakaran, sistem keamanan, UPS, dan cadangan listrik.
  • Keuntungan lainnya ada jaminan keamanan untuk server dan data yang tersimpan. Segi keamanan yang dimaksud mencakup banyak aspek. Mulai dari keamanan fisik seperti lokasi, bangunan, dan ruangan. Selain itu, ada juga keamanan non fisik seperti keamanan akses firewall server dan storage serta sistem keamanan jaringan.
  • Sebagian besar penyedia jasa di Indonesia tidak sungkan memberi layanan teknis 24 jam. Sehingga panggilan darurat bisa dilakukan kapan saja dibutuhkan. Pelayanan diberikan oleh teknisi profesional dan berpengalaman tentang masalah server dalam data center. Hal ini agar masalah yang dihadapi bisa cepat diatai baik konfigurasi ataupun yang lain.
  • Bila bisnis Anda membutukan peningkatan jaringan data atau penambahan server, maka Anda tidak harus repot sendiri. Pasalnya penyedia data center telah berpengalaman dan siap menyediakan apa yang perusahaan Anda butuhkan. Sehingga kebutuhan bisa lebih cepat terpenuhi. Bisa dibayangkan betapa repotnya pembelian rack server yang kerap harus indent dulu atau penambahan kabel data yang tidak mudah. Dalam hal ini colocation server menjadi solusi tepat.

 

Leave a comment

Your email address will not be published.


*