Alasan Utama Memilih Nasi Kotak untuk Berbagai Acara

 

Dalam setiap acara baik yang berhubungan dengan kegiatan sekolah, hajatan, maupun kegiatan keagamaan sering dijumpai nasi kotak. Nasi ini memiliki penyajian sesuai dengan namanya yaitu di dalam kotak, baik yang berbentuk kardus maupun styrofoam. Ada berbagai alasan yang mendasari mengapa seseorang lebih suka memanfaatkan peranan nasi ini dalam setiap kegiatan. Salah satunya adalah faktor kepraktisan, dimana penyajiannya dengan mudah dilakukan tanpa membutuhkan tempat yang rumit. Sebagai pelengkap nasi, diberikan beberapa sayuran dan lauk-pauk menyesuaikan dengan minat dan selera konsumen.

Dahulu kala, nasi kotak biasa disebut sebagai berkat, yang mana disajikan pada acara-acara keagamaan Hindu dan Budha setiap selesai sembahyang. Seiring dengan masuknya agama islam di Nusantara, adat tersebut tidak ditinggalkan begitu saja, bahkan perkembangannya melaju cepat ke seluruh masyarakat Indonesia. Menu yang disajikan pun semakin  berkembang, sesuai dengan permintaan konsumen. Sekarang ini banyak catering-catering yang dibuka untuk memberikan kemudahan saat hajatan tiba. Alasan yang kedua setelah faktor kepraktisan yaitu faktor harga. Dengan memilih nasi ini, biaya yang dikeluarkan pun lebih miring daripada jika Anda harus menyajikan makanan dengan model prasmanan. Apabila Anda kesulitan atau tidak memiliki waktu untuk memasak sendiri, Anda bisa memesannya ditempat-tempat catering.

Sekarang ini, banyak inovasi yang muncul dari adanya nasi ini. Salah satunya adalah terbukanya resto resto yang menyajikan makanan-nya di dalam kotak. Hal ini termasuk salah satu contoh nasi kotak dalam era modern. Selain karena alasan-alasan di atas mengenai pemilihan catering, Anda tetap harus memastikan bahan dan komposisi nasi yang akan Anda pesan. Pilihlah catering yang memang telah dipercaya karena kualitasnya, dan memperhatikan faktor higienis dalam proses memasaknya. Dengan demikian, selain praktis, nasi kotak yang disajikan juga sehat untuk dikonsumsi.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*