Cara Mengatasi Luka Terbuka dengan Plester Hansaplast

Dalam kehidupan sehari-hari, pasti Anda maupun orang-orang sekitar pernah mengalami luka bukan? Ada beragam jenis luka seperti luka ringan berupa baret dan lecet, juga luka yang lebih parah seperti luka terbuka seperti kulit yang robek. Ketika terjadi luka, maka sebaiknya segera lakukan pertolongan pertama dengan menerapkan ilmu P3K. Tak hanya itu, siapkan pula kotak P3K yang berisi peralatan medis penting seperti hansaplast roll untuk merekatkan perban, kassa atau perban untuk membalut luka, sarung tangan latex untuk melindungi risiko penularan penyakit, dan berbagai plester luka dengan ukuran yang berbeda. Nah, kali ini, kita akan belajar bagaimana cara merawat luka terbuka pada orang lain maupun diri sendiri seperti kulit yang robek.

Luka terbuka adalah kondisi dimana jaringan pada kulit atau selaput lendir mengalami kerusakan. Ketika hal tersebut terjadi pada orang sekitar, segera mintalah untuk berbaring atau berada dalam posisi duduk. Selanjutnya, tekan bagian luka dengan kassa atau kain yang bersih dan tidak berbulu. Pastikan posisi bagian yang terluka lebih tinggi dari jantung jika memungkinkan. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir aliran darah supaya tidak keluar lebih banyak. Terakhir, balut luka dengan perban yang bersih.

Pertolongan pertama di atas dilakukan ketika tidak terjadi kondisi yang berbahaya. Artinya, luka tersebut tidak dalam dan pendarahannya sedikit. Ketika luka ternyata dalam dan menimbulkan banyak pendarahan segera hubungi dokter. Selanjutnya, luka tidak menunjukkan adanya infeksi seperti bengkak dan juga nanah. Ketiga, tidak ada benda asing yang tertanam. Keempat tidak berkaitan dengan gigitan hewan maupun kontak dengan darah hewan. Kelima tidak terjadi di area wajah. Sebaliknya, ketika luka termasuk bahaya sebaiknya hubungi dokter untuk perawatan yang lebih lanjut.

Baik luka parah maupun luka kecil sebaiknya janganlah diabaikan. Begitupula luka baret maupun tersayat. Pastikan untuk segera menutupnya dengan plester luka. Tujuannya untuk melindungi luka dari kuman atau bakteri sehingga meminimalisir infeksi, menghentikan pendarahan, dan terakhir memberikan rasa nyaman biar tidak bersentuhan dengan benda lain.

https://www.id.hansaplast.co.id

Leave a comment

Your email address will not be published.


*